In Bahasa Indonesia Kelas 4 Tema 1 Tematik

Kelas 4 Bahasa Indonesia : Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung


Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Paragraf merupakan gabungan beberapa kalimat.

Contoh Paragraf:

 

Paragraf diatas terdiri dari 1 paragraf yang didalamnya terdapat 5 kalimat (nomer 1–5 ).

Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang diperkuat oleh gagasan pendukung.

  • ·     Gagasan pokok/ gagasan utama adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan. Gagasan pokok terdapat di dalam kalimat utama yang biasanya dapat terletak di awal atau akhir paragraf.
  • ·     Gagasan pendukung/ gagasan penjelas adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.

Catatan :

  •       Kalimat Utama merupakan kalimat yang memuat ide pokok atau pokok pikiran
  •       Kalimat Penjelas merupakan kalimat yang memuat penjelasan untuk kalimat utama.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan gagasan pokok setiap paragraf.

1.    Bacalah paragraf dengan cermat!

2.   Tentukan kalimat utama di setiap paragraf untuk menentukan gagasan pokoknya! Ingat kalimat utama yang biasanya dapat terletak di awal atau akhir paragraf.

3.    Tentukan kalimat penjelas di setiap paragraf untuk menentukan gagasan pendukung!

4.    Ubahlah kalimat utama dan kalimat penjelas ke dalam kalimat yang lebih inti/ diringkas.

 

Contoh Soal :


 Langkah – langkah :

1.    Bacalah paragraf dengan cermat!

2.   Tentukan kalimat utama di setiap paragraf untuk menentukan gagasan pokoknya! Ingat kalimat utama yang biasanya dapat terletak di awal atau akhir paragraf.

Kalimat utama terletak pada kalimat (1):

(1) Menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Kota Banyuwangi menggelar pawai kebangsaan pada hari Minggu, 13 Agustus 2019.

 

3.    Tentukan kalimat penjelas di setiap paragraf untuk menentukan gagasan pendukung!

Kalimat penjelas terletak pada kalimat (2), (3), (4), dan (5):

(2) Pawai tersebut berlangsung meriah. (3) Tidak hanya diikuti pelajar dan masyarakat umum, tetapi juga melibatkan para turis asing. (4) Beragam kesenian Indonesia ditampilkan oleh pelajar-pelajar Banyuwangi, seperti ondel-ondel Jakarta, barongsai, serta barong dan leak Bali. (5) Tidak hanya itu saja, ada juga kesenian asli Bumi Blambangan, seperti gandrung, jaranan, kuntulan, seblang dan barong using.

4.  Ubahlah kalimat utama dan kalimat penjelas diringkas ke dalam kalimat yang lebih inti.

Kalimat Utama

Diubah/ Diringkas

Gagasan Pokok

Kalimat utama terletak pada kalimat (1):

Menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Kota Banyuwangi menggelar pawai kebangsaan pada hari Minggu, 13 Agustus 2019.

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Kota Banyuwangi

Kalimat Penjelas

Diubah/ Diringkas

Gagasan Pendukung

Kalimat penjelas terletak pada kalimat (2), sampai dengan (5):

(2) Pawai tersebut berlangsung meriah.

(2) Pawai berlangsung meriah.

(3) Tidak hanya diikuti pelajar dan masyarakat umum, tetapi juga melibatkan para turis asing.

Diubah/ Diringkas

(3) Pawai diikuti oleh pelajar, masyarakat umum, dan turis asing.

(4) Beragam kesenian Indonesia ditampilkan oleh pelajar-pelajar Banyuwangi, seperti ondel-ondel Jakarta, barongsai, serta barong dan leak Bali.

Diubah/ Diringkas

(4) Pelajar Banyuwangi menampilkan kesenian Indonesia, seperti ondel-ondel Jakarta, barongsai, serta barong dan leak Bali.

(5) Tidak hanya itu saja, ada juga kesenian asli Bumi Blambangan, seperti gandrung, jaranan, kuntulan, seblang dan barong using.

 

Diubah/ Diringkas

(5) Kesenian Bumi Blambangan juga ditampilkan dalam pawai tersebut.



TUGAS


Buka buku tematik TEMA 1 : Indahnya Kebersamaan halaman 51 54 (Tari Kipas Pakarena).

Bacalah dengan cermat dan kerjakan seperti perintah di buku.

Tulislah Jawaban di Buku Tugas Tematik

Jawaban difoto dan dikirim via  Google Kelas

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar